Monday, May 20, 2013

Perkembangan Media Online

Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing. - See more at: http://ashifahabibah22.blogspot.com/2013/04/jenis-dan-kredibilitas-media-online.html#sthash.5YavMrGp.dpuf
Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing. - See more at: http://ashifahabibah22.blogspot.com/2013/04/jenis-dan-kredibilitas-media-online.html#sthash.5YavMrGp.dpuf
Media Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing. - See more at: http://ashifahabibah22.blogspot.com/2013/04/jenis-dan-kredibilitas-media-online.html#sthash.5YavMrGp.dpuf

Perkembangan Media Online

Media online termasuk dalam kategori new media, yang merupakan media yang cepat berkembang. Dulu, internet sulit karena infrastrukturnya mahal, sekarang semakin berkembang dan koneksi internet sudah mudah didapatkan dimanapun seeorang berada. Tahun 2000 internet hanya dipakai oleh perusahaan besar, perbankan, pemerintahan, serta lembaga-lembaga lainnya.
Media Online di Indonesia kebanyakan lahir pada saat jatuh-nya pemerintahan Suharto di tahun 1998, dimana alternatif media dan breaking news menjadi komoditi yang di cari banyak pembaca.


Media online di Indonesia diawali oleh detik.com . Detik.com lahir Juni 1998, saat Soeharto dilengserkan. Dulu media massa headline sama persis karena masih dikontrol pemerintahan pada zaman itu dan harus ikut permerintahan itu semua. Tahun 1994, internet sudah masuk ke Indonesia. Yang pertama ada akra.com, dia yang membuat detik.com, kompas.com,dll. Awalnya kompas.com isi berita dan kontennya sama seperti di koran harian kompas, hanya memindahkan saja. Itu berbanding terbalik dengan detik.com yang benar-benar beritanya online tanpa ada korannya.
Detik.com berisi breakingnews. Saat itu pemberitaan di detik.com berbeda dengan pemberitaan di media massa lainnya, disana membahas apa yang terjadi di belakang/behind the scene. Saat itu detik.com bersaing dengan kompas.com, dan sampai saat ini detik.com yang merajai berita online. Dan pertama kali yang ada iklan onlina adalah detik.com. tapi perlu diketahui bahwa para pendiri detik.com adalah orang-orang yang tidak paham IT, dan tidak ada proggramer yang ahli. Akan tetapi ada astaga.com yang saat itu bertujuan untuk mengalahkan detik.com. astaga.com diprakasai oleh desi anwar. Saat itu astaga.com benar-benar mencari cara untuk mengalahkan detik.com, banyak programmer detik.com yang di ambil dan bekerja di astaga.com dengan gaji 3 kali lipat. Akan tetapi, saat krisis moneter, dolar naik dan rupiah turun, dan akhirnya disanalah astaga.com mulai redup. Karena semua pembayaran astaga.com adalah dengan uang dollar. Dan untuk saat ini media online terus berkembang pesat dan penuh persaingan.


Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya. Content-nya merupakan perpaduan layanan interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya tanggapan langsung, pencarian artikel, forum diskusi, dll; dan atau yang tidak berhubungan sama sekali dengannya, misalnya games, chat, kuis, dll

Pengertian Media Online
  1. Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
  2. Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku-- dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.
  3. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
4.      Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email 
5. isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)

Media online berupa situs berita bisa diklasifikasikan menjadi lima kategori:
- situs berita berupa "edisi online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
- situs berita berupa "edisi online" media penyiaran radio.
- situs berita online" murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
- situs "indeks berita" yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.

Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
- News organisation website: situs lembaga pers atau penyiaran
- Commercial organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan
- Website pemerintahan
- Website kelompok kepentingan (interest group)
- Personal website (blog)
- See more at: http://ashifahabibah22.blogspot.com/2013/04/jenis-dan-kredibilitas-media-online.html#sthash.5YavMrGp.dpuf
Karakter media online
  1. Content is the King? Platform?
Dalam suatu media online, content sangatlah berpengaruh, karena kalau content dalam media sosial tidak bagus, apa pun yang disediakan dalam media online tersebut, akan ditinggalkan oleh para pengguna internet, karena di anggap tidak menarik. Akan tetapi jika content dinilai kurang bagus, dalam diatasi dengan cara memperbagus platform yang ada dalam media online tersebut.
  1. User Behaviour (online – offline)
Dalam suatu media online, ada perbedaan karakteristik dalam menulis info dengan media offline.
  1. Statistik (traffic tinggi – iklan)
Dalam suatu media online, traffic yang tinggi belum tentu menghasilkan iklan yang besar.
  1. Marketing (jitu)
Dalam media online, cara yang paling tepat atau efektif untuk promosi bukan melalui iklan di TV, radio, atau pun media cetak, melainkan menggunakan media online itu sendiri.
  1. Technology (cms, gratisan)
Media online memungkinan para pengguna internet untuk memiliki web secara gratis menggunakan software-software yang disediakan untuk berpromosi dan lain-lain.
  1. Make Money (ide kreatif)
Dengan ide kreatif yang dimiliki, orang-orang dapat menyalurkan ide tersebut ke dalam media sosial dan berpeluang besar untuk menghasilkan uang dengan ide-ide tersebut.
  1. Culture (dunia cepat berubah, sesuaikan)
Suatu media sosial harus disesuaikan dengan trend yang ada.
Perilaku di depan layar :
-       Menilai sebuah situs dalam sepuluh detik
Seseorang menilai sebuah situs hanya dalam waktu 10 detik, hal ini terkait dengan kreatifnya sebuah situs agar bisa menarik perhatian si pengaksesnya.
-       Melihat, pindai, baru membaca
Seorang pengakses terlebih dahulu akan melihat sekilas sebuah situs, apabila tertarik dengan tampilan awal ia baru masuk lebih dalam ke situs tersebut dan pada akhirnya tertarik untuk membaca isi dari situs tersebut.
-       Kecepatan membaca halaman di layar komputer, laptop dll 25% lebih lambar dibandingkan dengan membaca media cetak. Hal ini disebabkan salah satunya oleh banyaknya animasi di sebuah situs yang mempengaruhi focus baca sebuah tulisan.



Sumber :

http://kapselclassfikomuntar.wordpress.com/2012/09/10/seluk-beluk-perkembangan-media-online/
http://mediaonlinebogor.blogspot.com/2012/10/sejarah-media-online-di-indonesia.html
http://id.wikibooks.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia/Media_Online
http://edukasi.kompasiana.com/2013/02/14/udah-tau-sejarah-media-online-di-indonesia--534112.html
http://mediatajir.blogspot.com/2012/11/pengertian-media-online.html#.UZnqjFJ03tg
http://dehaancharlie.wordpress.com/2012/10/09/pengertian-media-online/

2 comments: