Wednesday, October 9, 2013

Dosen Juga Kadang “Tak Mendengar & Tak Melihat”

Kendala dalam proses belajar mengajar biasa terjadi, termasuk dibangku kuliah. pada umumnya masyarakat tahu salah satu kendala belajar di bangku kuliah adalah karena mahasiswanya yang malas, jarang masuk dan lain sebagainya.

Namun menurut saya ada satu hal yang harusnya diperhatikan khususnya oleh para tenanga pendidik alias dosen.

Dosen ketika mengajar dituntut untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan yang sesuai/relevan dengan mata kuliah yang diajarkan. namun terkadang ada beberapa dosen yang menyampaikan materinya tidak sesuai dengan mata kuliahnya. hal ini rupanya menjadi kendala bagi mahasiswa.

Sering saya temui dosen-dosen yang kurang mampu mengkomunikasikan materi kuliahnya kepada mahasiswa. baik itu cara penyampaiannya bahkan isi materinya. ini sangat mengganggu bagi sebagian mahasiswa dalam belajar.

Mereka yang ingin mendapatkan informasi dan bertukar pikiran dalam mata kuliah tertentu sering hanya bisa diam termangu karena dosennya menyampaikan materi kesana sini yang tidak relevan.

Dosen Juga Harus “Mendengar dan Melihat”

Beberpa dosen yang saya temui lebih ingin dimengerti oleh mahasiswanya, namun pernahkah mereka belajar memperhatikan bagaimana kondisi mahasiswanya?. sering saya temui para dosen hanya menerapkan aturan di jam kuliahnya tanpa melihat kondisi mahasiswanya.

Saya jadi ragu beberapa dosen tidak mengerti bagaimana cara menyampaikan materi kuliah, bagaimana menghadapi mahasiswa yang berbeda-beda kondisinya. padahal hemat saya dosen juga perlu “Mendengar dan Melihat” alias memahami betul siapa mahasiswa mereka dan bagaimana karakteristik mahasiswanya.

semoga opini ini bisa tersampaikan kepada beberapa dosen yang hingga detik ini masih belum “belajar” how to teach in the class, demi terciptanya suasana belajar mengajar yang efektif dan manfaat.

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2013/10/09/dosen-juga-kadang-tak-mendengar-tak-melihat-597224.html

0 comments:

Post a Comment